Terbongkar! Cara Elon Musk Mendapatkan Kekayaannya

2 Hal Yang Membuat Elon Musk Sukses

Kenapa ada orang yang dengan cepat bisa menguasai berbagai bidang berbeda dan bahkan berhasil disemua bidang itu Sementara kita belajar satu bidang aja tidak paham-paham? kita ambil contoh Elon Musk. Dia itu mempelajari internet dan Dari situ dia bisa dirikan Paypa,l Dia belajar ilmu teknologi transportasi kemudian dia bisa ciptakan hyperlux, dia belajar Ringu berenergi Dan dari situ dia bisa dirikan Tesla, Dia belajar ilmu Rocket science dan dirikan Space X. akhir-akhir ini dia bahkan berupaya menguasai ilmu bioteknologi supaya dia bisa menciptakan neuro lab. Elon Musk telah menerobos banyak tembok penghalang dengan teknik belajarnya yang terbukti berhasil tidak cuman sekali tapi berkali-kali nah seperti apa sih cara belajar Elon Musk?

ada artikel menarik yang ditulis oleh seseorang yang dalam blog-nya menyebutkan bahwa dia telah berhasil mengidentifikasi cara Elon Musk belajar, dia menyebutnya dua aturan belajar ala Elon Musk. Yang pertama adalah bangun pohon pengetahuan dan aturan yang kedua adalah sambung ranting pengetahuan. Yuk kita bahas kedua Aturan itu.

Betul bahwa Elon Musk adalah seorang yang jenius bahkan Kemungkinan dia disejajarkan dengan Nikola Tesla, Albert Einstein, Isaac newton Bahkan dia punya cara pandang yang memang berbeda dalam memandang masalah dibandingkan dengan kebanyakan pengusaha atau inovator pada umumnya dan tentu saja dia membaca ratusan buku. dia juga bekerja dengan pakar-pakar terbaik di kelasnya tapi bukan itu sebenarnya yang membuat dia jadi pembelajar yang hebat, metode belajarnya sebenarnya enggak terlalu canggih amat bahkan dua aturannya tadi tentang bagaimana belajar lebih cepat itu bisa diterapkan oleh siapapun dan kapanpun termasuk oleh anda. Mari kita kaji lebih dalam

1. Bangun Pohon Pengetahuan

dalam sebuah percakapan di reddit Elon Musk membahas pendekatannya terhadap pembelajaran dan struktur yang ia gunakan dan dia mengatakan ini begini: “penting untuk melihat pengetahuan sebagai semacam pohon semantik pastikan anda memahami prinsip-prinsip dasarnya, yaitu batang dan cabang besar, sebelum Anda masuk ke dedaunan atau detailnya, jika tidak maka kemana dedaunan itu akan nempel nantinya”. Nah apa sih maksudnya ini bagi kita? kita perlu paham bahwa tidak semua ilmu itu di timbang dengan bobot atau kepentingan yang sama, dalam hal pembelajaran ada perbedaan antara pengetahuan yang ujungnya menggantung di dahan dan pengetahuan yang menyusun pangkal batang pohon tersebut. nah Elon Musk itu ahli sekali dalam memahami apa yang jadi inti dari setiap sektor usaha yang ia garap dan dia selalu mulai dari sana, memastikan bahwa dia memiliki genggaman terbaik pada batangnya sebelum dia pindah ke Bagian kecil dari cabang maupun daunnya.

Bangun pohon pengetahuan dan Sambung ranting pengetahuan

Banyak dari kita melakukan yang sebaliknya, kita sibuk mempelajari fakta-fakta teknis sementara tidak pernah sepenuhnya memahami Bagaimana atau Mengapa mereka terhubung kembali ke inti atau batangnya. Hal itu membuat otak kita dipenuhi dengan banyak sekali pengetahuan yang gak penting yang bahkan bisa mengakibatkan kesalahan cara berfikir, ibaratnya pola belajar kita itu seperti menanam pohon dengan batang sebesar tusuk gigi tapi punya banyak banget cabang yang gak jelas Bentuknya, itu wajar ketika kita coba untuk menjejalkan satu gagasan baru atau pemikiran baru dalam otak kita malah roboh pohonnya. maka dari itu Jika kita ingin mempelajari sesuatu dengan lebih cepat maka kita harus mulai dengan pengetahuan yang berbentuk batang yang kokoh dulu, mungkin sedikit lebih lambat pada awalnya tapi tanpa batang yang kokoh tadi kita tidak mungkin bisa memiliki dasar yang kuat yang bisa mendukung pembelajaran atau keterampilan tambahan.

 2. Sambung Ranting Pengetahuan

Hai ini adalah bagaimana Elon Musk mampu menjangkau beragam sektor dan akhirnya bisa mendisrupsi industry, Katakanlah dalam semalam dia mulai dengan akar yang kokoh dan batang yang padat kemudian ketika dia mulai memperluas pengetahuannya dia mulai menghubungkan cabang dan daun dari pohon itu dengan cabang dan daun dari pohon lainnya, Musk tidak pernah mempelajari sepotong informasi secara acak, semua yang dia pelajari dihubungkan kembali ke pondasi pengetahuan yang lebih dalam dan lebih kokoh, kata Jack DG kebanyakan dari kita bukan Master gardener atau ahli kebun melainkan kita itu kolektor ranting, Katanya kita berjalan dalam hidup ini mengumpulkan beragam informasi dari sana dari sini hingga tangan kita capek mengangkat ranting tadi lama-kelamaan kita jadi bingung mau diapakan ranting ini, yang akhirnya sebagian ranting yang kita kumpulan itu justru jadi beban yang menghambat hidup kita.

Tesla, Salah satu Perusahaan milik Elon Musk

Elon Musk menanam pohon di Tanah yang subur yang tumbuh menjadi pusat pembelajaran yang lebat dan berlimpah, Anda juga bisa melakukan hal yang sama, anda hanya perlu mengikuti dua aturannya, bangun batang pengetahuan terlebih dahulu kemudian bekerja tanpa lelah untuk membuat sambungan pada ranting-rantingnya. 

Baca Juga