Blog Selalu Di Tolak Adsense? 10 Hal Yang Harus Kalian Terapkan

Google Adsense

Halo sobat sekalian, kali ini kita akan membahas tentang Adsense. Ya, salah satu perusahaan raksasa milik google ini bergerak di bidang periklanan. Adsense merupakan program periklanan yang sangat populer hingga saat ini walaupun diluar sana ada banyak sekali perusahaan - perusahaan sejenis yang cara kerjanya mirip dengan adsense juga, bahkan ada yang bayaran perkliknya lebih besar dari pada adsense, namun tetap saja orang berlomba - lomba untuk membuat akun adsense entah itu untuk sebuah Website, maupun Youtube.

Walaupun saat ini orang - orang lebih cenderung lebih memilih channel Youtube untuk di monetisasi, nyatanya sampai detik ini pula masih banyak orang - orang yang mendaftarkan Blog maupun Websitenya di program Adsense, karena faktanya tidak semua orang hobi menonton begitu juga tidak semua orang hobi untuk membaca. Intinya blog maupun Youtube masing - masing punya pasarnya sendiri.

Nah buat kalian yang baru aja terjun di dunia Blogging ataupun yang sudah lama dan sedang berusaha mendaftarkan blog kalian di adsense, ada baiknya kalian membaca terlebih dahulu kebijakan - kebijakan yang dikeluarkan oleh Adsense itu sendiri agar supaya blog kalian bisa lolos seleksi oleh pihak Adsense dan bisa menayangkan iklan. dibawah ini ada sedikit penjelasan tentang apa saja yang harus kalian lakukan agar blog ataupun website kalian dapat di monetisasi di program Adsense.

Kesiapan Blog/Website

Sebelum kalian mendaftarkan blog ataupun website kalian di adsense, ada baiknya kalian mempersiapkan terlebih dahulu blog kalian agar bisa lolos seleksi. apa saja yang perlu kalian perhatikan?

1. Template Blog

Banyak diluar sana yang beranggapan bahwa template tidak akan berdampak pada blog kita, nyatanya banyak pengalaman para blogger di luar sana yang mengaku di terima adsense begitu template blognya di ganti padahal sebelumnya sudah di tolak berkali - kali oleh pihak adsense. Sebagai saran, jika kalian ingin blog kalian terlihat profesional, gunakanlah template yang ramah dimata pengunjung dan tidak membingungkan, usahakan juga kalian menggunakan template premium karena template premium memiliki kelebihan khusus dibandingkan dengan template gratisan yang bisa kalian download di blog - blog luar sana yang menawarkan template gratisan.

2. Tata Letak Blog

Adsense sangat menyukai blog yang memiliki tata letak atau layout yang sederhana namun unik dan tidak membingungkan pengunjung. Blog yang memiliki tata letak yang ramah di mata pengunjung menjadi satu pertimbangan oleh pihak adsense. usahakan untuk tidak menggunakan terlalu banyak widget yang tidak perlu, itu hanya akan membuat blog kalian akan menjadi lambat saat di akses dan itu membuat pengunjung tidak nyaman, alhasil pengunjung akan langsung keluar dari blog kalian karena mereka tidak menemukan apa yang mereka butuhkan.

3. Tata Bahasa Blog

Ini sangat penting juga untuk kualitas blog kalian, gunakanlah tata bahasa yang sederhana namun mudah dipahami, hindari penggunaan bahasa yang kurang jelas atau bahkan kotor. Jika blog kalian memiliki artikel berbahasa inggris, pastikan baik dari penulisan maupun grammernya jelas. Penting untuk diketahui bahwa yang akan menilai blog kalian tidak sepenuhnya robot, melainkan ada campur  tangan manusia, itulah sebabnya kalian harus menggunakan tata bahasa yang baik. Blog yang memiliki tata bahasa yang baik akan lebih mudah diterima karena akan sangat mudah di pahami oleh pengunjung apa yang akan kita sampaikan dari tulisan tersebut.


4. Kualitas Artikel

Selain beberapa kriteria diatas, pihak Adsense juga akan menilai kualitas artikel kalian. Usahakan kalian membuat sebuah artikel yang berkualitas, tidak terlalu banyak gambar dan yang tidak kalah penting juga adalah jumlah kata dalam artikel tersebut. Buatlah artikel setidaknya memiliki jumlah kata 400, lebih banyak malah akan lebih baik dan tentu saja tidak hanya banyaknya kata namun tetap memperhatikan kualitas artikel tersebut. Sekali lagi Adsense mengiginkan Blog yang bermanfaat bagi orang lain. 

5. Link

Yang satu ini terkadang sering terlewatkan oleh para blogger pemula dimana mereka tidak memperhatikan adanya link yang rusak atau Broken Link di dalam blog. Sebelum kalian memutuskan untuk mendaftakan blog kalian di adsense. ada baiknya kalian melakukan pengecekan menyeluruh terhadap blog kalian, jangan sampai ada link yang rusak, misalkan label, atau kategori bahkan menu - menunya,  pastikan semua sudah sesuai dan berfungsi dengan baik.

6. Privacy Policy, TOS, Contact, DLL

Ini yang tak kalah pentingnya dan harus kalian terapkan terhadap blog kalian. Blog yang tidak memiliki TOS, Privacy Policy, Contact sudah dipastikan tidak akan lolos adsense. Menu - menu tersebut bisa kalian buat secara otomatis lewat Privacy Policy Online. Bagian tersebut menginformasikan kepada pengunjung bagaimana sebuah website mengelola informasi pengunjung dan untuk apa informasi itu digunakan tepatnya.

7. Domain Berbayar

Yang satu ini hanya sebagai opsi saja karena banyak juga blog diluar sana yang masih menggunakan domain gratis seperti blogspot maupun wordpress namun bisa diterima oleh Adsense. Nah agar website kalian tampak lebih profesional, ada baiknya untuk menggunakan domain yang berbayar seperti domain dengan akhiran .com, .id, .net yang harganya cukup bervariasi mulai dari Rp. 120.000 pertahun atau bahkan kalian juga bisa menggunakan domain dengan akhiran .my.id yang bisa kalian beli mulai dari harga Rp. 25.000/Tahun namun jika kalian ingin domain yang lebih murah lagi, silahkan beli  situsitus Dewabiz disana kalian bisa membeli domain .my.id seharga Rp. 10.000/ Tahun tanpa adanya biaya tambahan perpanjangan setiap tahunnya, jadi harganya sama seperti harga awal kalian membeli domain tersebut. 

8. Jangan Terburu - buru Mendaftar Adsense

Percaya atau tidak, saat kalian membuat blog tujuan kalian mendaftarkan ke adsense itu karena kalian ingin mendapatkan uang dari blog kalian bukan? tidak ada yang salah dengan itu karena kebanyakan orang juga demikian namun ada baiknya jangan terburu - buru mendaftarkan blog kalian. Sebuah blog dapat dikatakan memenuhi syarat jika umur blog minimal 3 bulan, pastikan juga blog kalian sudah memiliki banyak artikel yang berkualitas, INGAT...!!! artikel yang berkualitas, bukan sekedar artikel asal - asalan dengan tujuan agar blog kalian terlihat memiliki banyak artikel. Blog kalian direview google bukan saat kalian mendaftarkan blog kalian di adsense, begitu kalian membuat blog saat itu juga adsense sudah menilai blog kalian, ada baiknya kalian mengisi blog kalian tersebut dengan banyak artikel dan mencari sebanyak mungkin pengunjung, terkadang adsense bisa menerima blog yang bahkan belum ada trafik sama sekali namun itu tidak akan bertahan lama, bisa saja akan terkena pembatasan iklan dan mungkin di banned karena tidak ada pengunjung. jadi fokus saja ke artikel dan optimasi blog serta perbanyak pengunjung ke blog kalian.

9. Biarkan Adsense Yang Memberitahu

Seperti yang sudah disebutkan diatas, adsense mulai menilai blog kalian saat kalian membuat sebuah blog, disini kalian cukup membangun blog kalian saja karena begitu blog kalian sudah memenuhi syarat maka akan ada pembritahuan oleh adsense sendiri dimana blog kalian sudah memenuhi syarat untuk program adsense, disinilah asiknya, jika sudah demikian bisa dipastikan blog kalian akan langsung bisa menayangkan iklan dari Adsense itu sendiri. Karena jika kalian terburu - buru mendaftarkan ke adsense maka akan butuh waktu yang lama agar blog kalian diterima oleh Adsense.


Jangan Copy Paste Artikel

10. Fokus

Memang membuat artikel susah - susah gampang, namun sebagai tips, mulailah secara perlahan. bangunlah pola pikir dimana kalian membuat blog hanya karena Hobi, biarkan waktu berjalan adanya. Ingat tidak ada usaha yang berakhir sia - sia. Fokuslah membuat artikel yang bermanfaat bagi orang lain. Kalian cukup membangun blog kalian dan jika kalian kehabisan ide, kalian bisa mengambil referensi dari blog lain tapi ingat, jangan pernah melakukan teknik copy paste artikel dari blog lain karena ini akan berakibat fatal bagi blog kalian, kalian cukup memahami apa saja topik yang dibahas oleh blog lain kemudian kalian tulis kembali menurut pemahaman kalian sendiri, cara ini lebih aman dari pada kalian ingin yang instan namun tidak mendatangkan hasil sama sekali. Ingatlah untuk tetap fokus dan bangunlah sebuah blog  dengan ciri khas kalian sendiri agar blog kalian terlihat Unik di mata Adsense.

Nah, demikianlah beberapa informasi yang mungkin kalian butuhkan jika suatu saat nanti kalian ingin mendaftarkan Blog atau Website kalian di program Adsense. Selalu berusaha dan ingat hasil tidak pernah mengkhianati usaha.
Baca Juga